Perbedaan dan Perbandingan Blogspot dengan Wordpress

Blogspot (blogger.com) dengan Wordpress (wordpress.com) adalah penyedia blog gratisan (platform) yang paling populer di internet. Orang kini tak lagi hanya menulis buku harian, artikel, cerita, dan lain sebagainya di buku tulis masing-masing, tapi dengan blog mereka malah bisa sharing ke semua orang, dan itu gratis.



Blogspot merupakan penyedia blog gratisan nomor satu, dan wordpress (saya kira) nomor dua boleh lah, keduanya sama-sama gratis. Antara keduanya memiliki perbedaan yang signifikan terutama dalam segi fasilitas yang diberikan kepada pengguna blog, tingkat kerumitan dalam memakainya juga.

Perbedaan Blogspot dengan Wordpress seperti,
  1. Fitur-fitur yang disediakan keduanya berbeda. Wordpress ada 2 jenis, wordpress gratisan (wordpress.com) ada juga wordpress versi bayar (wordpress.org) alias website resmi. Blogspot (blogger.com) gratis only
  2. Masing-masing punya teknik sendiri dalam SEO (Search Engine Optimization).
  3. Blogspot cenderung apa-apa gratis, wordpress (yang versi bayar) lebih cenderung elegan.
  4. Banyak lagi deh. Dicoba aja masing-masing, ntar bisa nemu perbedaannya kok
Perbandingan antara blogspot dan wordpress antara lain,
  1. Blogspot dalam pengoperasiannya lebih mudah ketimbang wordpress.
  2. Dalam segi SEO (Search Engine Optimization) wordpress lebih unggul karena banyak tools yang mendukung, kalau blogspot apa-apanya manual.
  3. Blogspot cenderung dijadikan blog spam (seperti: blog porno) karna memang mudah sih penggunaannya dan familiar. Kalau wordpress cenderung lebih formal lah.
  4. Satu akun blogger bisa bikin banyak blog, wordpress tidak.
  5. Masih banyak lagi, dicari sendiri yaaa
Untuk membedakan blog mana yang blogspot, blog mana yang wordpress, caranya . . .
  1. Liat saja di alamat/url blognya. Kalau blog blogspot alamatnya/url nya ada imbuhan ".blogspot.com" di belakangnya. Sedangkan wordpress ada imbuhan ".wordpress.com".
  2. Kalau blognya dengan domain TLD (dot com/net/org) cara membedakannya mudah juga. Liat alamatnya/url nya juga, kalau blogspot urlnya "http://urlblog.com/tahun/bulan/judulpostingan.html" misal: "http://prasutan3.com/2013/08/hello-world.html". Kalau wordpress urlnya (biasanya) "http://urlblog.com/tahun/bulan/tanggal/judulpostingan" misal: "http://prasutan3.com/2013/12/05/hello-world/"
  3. Paling mudah, liat di faviconnya (lambang di samping url blog). Blogspot dan wordpress kan beda icon masing-masing. (liat gambar di atas)
Masih banyak lagi pokoknya, perbedaan, perbandingan, dan cara mendeteksi blog ini blogspot atau wordpress. Silahkan coba sendiri-sendiri, nanti otodidak kamu akan tahu kok.....

Selamat mencoba

Leave a Reply